kalau aku mati hari ini



kalau aku mati hari ini
apakah kau akan pulang dan datang ke pemakaman?
setidaknya pakailah kemeja hitam lengan panjang,
pasti kau akan terlihat sangat tampan

kalau aku mati hari ini
apa kau akan menangis di samping pusaraku yang
bertabur kembangkembang?
kau bisa menambahkan sebatang dandelion atau
setidaknya segenggam bunga perdu di sana

kalau aku mati hari ini
apa kau akan menyesal karena tidak sempat
mengucapkan kata perpisahan?
setidaknya walau cuma sekali kau bisa berbohong
dengan mengatakan aku manis atau semacamnya

kalau aku mati hari ini
apa kau akan bercakap dengan sisa kayu tak bernama
yang di bawahnya berbaring aku?
kau bisa mengguratkan namaku di atas tanah agar
seolaholah aku mendengarkan, seperti biasanya
kalau aku mati hari ini
apa kau akan menuliskan sebuah puisi ketika duduk
di atas karang pada malam bulan purnama?
setidaknya tulislah sebait sebagai jawaban atas
pertanyaanpertanyaan yang ingin kusampaikan

kalau aku mati hari ini
apa kau akan membaca suratsurat dan coretan
yang kutinggalkan buatmu dalam kotak warna biru?
barangkali aku akan menjadi segenang kenangan seperti kubangan
air dalam lubang di jalan yang kau hindari
agar tak jatuh dan membentur aspal

kalau aku mati hari ini
apa yang akan kau perbuat?
apa kau akan merasa senang karena tak harus
menguraikan alasan?

kalau kau yang mati hari ini
aku akan minta kotak warna biru berisi suratsurat dan coretancoretanku
untuk dikubur bersamamu,
barangkali saj para malaikat berbaik hari dan mau
membacakannya
            (lalu kau pun tahu aku telah jatuh cinta berulangkali,
            padamu)
                        semarang, 16 oktober 2012: 09.50’




Comments

Popular Posts